++Jin2 Sakti Penunggu Gng.Merapi JogjA++  

Posted by RheindRheind


Siapakah penunggu gunung Merapi?Penduduk setempat mengatakan Eyang Merapi sebagai penunggunya. Tapi siapakah sebenarnya Eyang Merapi itu? Menurut mbah Maridjan (73) juru kunci gng merapi,,Eyang Merapi adalah seorang raja sekaligus tokoh utama yang menjadi pimpinan seluruh lelembut penghuni Merapi.
Tokoh kedua yang diakui keberadaannya oleh masyarakat setempat adalah Eyang Sapu Jagad Penunggu kawah Merapi inilah yang memegang kunci meledak atau tidaknya gunung tersebut.
Makanya, demi menjaga kemarahannya, setiap tahun sekali Kraton Yogyakarta menyelenggarakan ritual labuhan yang di persembahkan kepadanya, termasuk kedua staffnya yakni Kyai Grinjing Wesi dan Kyai Grinjing Kawat. Tokoh ketiga adalah Eyang Megantara. Pemuka dedemit yang berdiam diri di puncak Merapi ini memilki kewenangan mengendalikan cuaca dan mengawasi sekitar kawasan Merapi.

Tokoh keempat adalah Nyi Gadung Melati, dia pemimpin dedemit wanita dengan ratusan pasukannya yang rata-rata berwajah manis serta berseragam busana warna hijau pupus pisang. Tugas pokoknya adalah menjaga kesuburan tanaman gunung. Tokoh kelima adalah Eyang Antaboga. Mahkluk dari bangsa jin ini mendapat tugas cukup berat karena harus selalu menjaga keseimbangan gunung agar tidak melorot tenggelam kedasar bumi.

Tokoh keenam Kyai Petruk. Pemuka jin ini bertugas memberi wangsit mengenai waktu meletusnya Merapi, termasuk juga memberi kiat-kiat tertentu kepada penduduk agar terhindar dari ancaman bahaya lahar panas Merapi. Dipundak jin inilah keselamatan penduduk tergantung. Sedang pemimpin roh halus ketujuh yang khusus mengatur arah angin adalah Kyai Sapu Angin.

This entry was posted on Jumat, 25 April 2008 at 01.40 . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

1 komentar

Anonim  

kurang satu tuh anaknya mbah maridjan..reind maridjan,wkkwkw piss brrooowww..tugasnya menjaga para wanita2,,huhuhu,,enaknu tandiii!!

16 Mei 2008 pukul 18.03

Posting Komentar